pengunjung yg online

Anda pengunjung ke :

Saturday, October 5, 2013

Kritikal Review terhadap Penelitian: GROWTH, PUBLIC POLICY AND THE GOVERNMENT BUDGET CONSTRAINT: EVIDENCE FROM OECD COUNTRIES


by Richard Kneller, Michael Bleaney and Norman Gemmell


I.              PENGANTAR
Penelitian mengenai “Growth, Public Policy and the Government Budget Constraint : Evidence From OECD Countries, oleh Richard Kneller, Michael Bleaney dan Norman Gemmell diambil dari Jurnal diambil OECD  edisi 3 April 1999. Penelitian ini bertujuan ingin menguji apakah bukti dari negara OECD adalah konsisten dengan model pertumbuhan endogenus  yang struktur pajak dan pengeluaran pemerintah  dapat berdampak pada tingkat pertumbuhan yang steady state. Seperti diketahui bersama, OECD bernaggotakan 30 negara yaitu  Australia, Austria, Belgia, Kanada,Republik Cekoslowakia, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Irlandia,Italia, Jepang, Korea Selatan, Luksemburg, Meksiko, Belanda, Selandia Baru,Norwegia, Polandia, Portugal, Republik Slovakia, Spanyol, Swedia, Swis, Turki, Inggris dan Amerika Serikat.

Pertanyaan mendasar yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah pembagian pengeluaran pemerintah dalam keluaran atau komposisi pengeluaran dan pendapatan mempengaruhi tingkat pertumbuhan Jangka Panjang?

II.            TEMUAN – TEMUAN PENELITIAN
Menurut model pertumbuhan neoklasik dari Solow (1956) dan Swan (1956) jawaban dari pertanyaan penelitian ini seudah dapat diterka adalah tidak. Walaupun pemerintah dapat memberikan pengaruhnya lewat berbagai kebijakannya, utamnya kebijakan yang dapat mempengaruhi perkembangan penduduk dalam suatu negara namun pemerintah tidak dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan pendapatan per kapita dalam jangka panjang. Dalam model pertumbuhan neoklasik tersebut, pajak dan pengeluaran pemerintah berpengaruh terhadap tingkat saving pada faktor-faktor tingkat pertumbuhan dalam rasio tertentu. Kebalikan dengan model
Neoklasik tersebut adalah model pertumbuhan endogenus yang diperkenalkan oleh Barro (1990), Rebelo (1990) dan Lucas (1990) dimana menurut model ini pajak, pengeluaran pemerintah dalam jangka panjang dapat mempengaruhi pertumbuhan dalam jangka panjang.
Hasil dari penelitian ini kemudian menemukan bahwa pada negara-negara OECD, model pertumbuhan endoenus lebih konsisten dengan bukti-bukti empiris yang terjadi di negara-negara OECD. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pada negara-negara OECD pajak, pengeluaran pemerintah dalam jangka panjang dapat mempengaruhi pertumbuhan dalam jangka panjang.






















Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
Saran Anda Akan Menambah Sejuta Ide Saya